5 CARA MENJAGA MOTIVASI BERBISNIS TETAP "ON FIRE"

Kamis, 09 Desember 2010

Pernah tahu istilah "Anget-anget Ee Ayam". bagi kita yang pengen merubah status, dari karyawan menjadi "punya" karyawan alias pengusaha alias saudagar, mungkin dibutuhkan semangat juang yang tinggi dan pengorbanan tak kenal waktu juga materi untuk bisa mewujudkan semua impian dan keinginan,  hal yang paling penting dalam merubah status itu adalah merubah mindset atau karekter berpikir kita itu tidak gampang. kenapa saya katakan tidak mudah, karekter di buat dari kebiasan cara berpikir, bertindak dan berbicara dalam keseharian kita yang terus diulang-ulang dan akan terekam dalam alam bawah sadar, sehingga untuk merubah kekeadan yang baru akan terasa memberatkan diri kita dan itu terjadi penolakan dari alam bawah sadar kita yang telah merekam kebiasaan-kebiasaan kita 5-10 tahun lalu,
bahkan pada masa kecil kita, orang tua di indonesia khususnya ketika anak  beranjak 1-5 tahun sering melarang anak untuk tidak boleh mainan ini, tidak boleh lari nanti jatuh, padalah masa balita merupakan masa emas untuk merekam semua memori  yang bisa mempengaruhi karekter dia ketika dewasa, kenapa tidak kita memberi mereka kesempatan untuk mencoba menyemangati  dan anugrahi dia sebuah penghargaan kecil agar nanti ketika beranjak dewasa dia tahu bahwa hidup ini adalah sebuah anugerah yang semua orang layak untuk mendapatkannya.....
Tapi bagi kita yang sudah terlanjur menjadi produk masa lalu kita mungkin ini beberapa cara untuk merubah dan belajar menghargai hidup jauh lebih mandiri dari saat ini :
  1. Bernyanyi, bernyanyi bisa mewakili perasaan dan emosi jiwa seseorang yang sedang sedih, gembira. lihat saja film India kalo lagi sedih nyanyi, gembira apalagi, karena menyanyi adalah bentuk ekpresi kejiwaan yang tidak bisa di bohongi, ketika seorang biduan menyanyi dia di tuntut untuk menjiwai syair yang terkandung dalam sebuah lagu, coba anda perhatikan berapa banyak artis yang kawin cerai mungkin penyebabnya dia terlalu menghayati syair lagu tentang perpisahan he..he..he... betul apa tidak? pasti betul, betharia sonata pernah menyayikan "....pulangkan saja aku pada ibuku atau ayahku" alih-alih dia malah dipulangkan oleh mantan suaminya willy dozen he..he..he... Malah konon kenapa negara ini sering terjadi pertumpahan darah (tawuran, perang antar suku dll) ini karena syair lagu Indonesia Raya bait pertama" indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku..." padahal konon lagi syair sebenarnya adalah "Indonesia tanah airku, tanah subur dan makmur...." (kalau tidak salah). Saya sendiri termasuk yang setuju dengan mengobarkan semangat kewirausahaan dengan bernyanyai lagu favorite saya adalah Bondan Prakoso yang berjudul Hidup Berawal Dari Mimpi kalau anda mau tahu lagunya bisa download disini sebernanya masih banyak lagu-lagu yang bisa membuat semangat kita berkobar terus kaya api olimpiade, ente bisa cari sendiri lagu-lagu bondan atau yang laen kalau mau buat lagu sendiri juga boleh.
  2. Membaca kisah orang-orang Sukses,  90 % orang -orang sukses di karir bisnisnya mengawali dengan terseok-seok, bahkan tidak jarang mengalami kerugian tapi bagaimana bangkit adalah hal yang paling sulit buat setiap orang, belajar dari kisah-mereka seperti membawa kita ketempat tujuan mimpi-mimpi kita, saya coba menulis kisah-kisah mereka di my super hero gunanya adalah supaya kita terus terpacu untuk bisa mewujukan mimpi dan merasakan I'm not alone.
  3. Afirmasi, memasukan kata-kata yang punya energi perubahan kedalam alam bawah sadar kita, seperti " saya merasakan punya penghasilan Rp 50 juta sebulan" ini sangat menarik untuk dilakukan karena sekilas kita seperti berangan angan, namun efeknya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan cara berpikir dan merasakan segala sesuatu yang datang kedalam kehidupan kita. beberapa motivator menganjurkan kita melakukannya setiap pagi dan malam hari, ibarat sebuah pita kaset yang telah terrekam kita harus merekam ulang dan  melakukannya penuh konsisten dan terus menerus kalau ga percaya bisa jalan-jalan ke  blog Erbe Sentanu  beliau adalah Founder energi quantum ikhlas. 
  4. Learn By Doing  , apa yang sudah kamu dapat hari ini praktekan dan evaluasi pada malam hari, buat jurnal harian agar kita tetap fokus dengan apa yang kita inginkan, Mario Teguh dalam golden way pernah bialng " rayakanlah keberhasilan-berhasilan yang kecil" itu akan lebih menikmati dan mensyukuri proses perubahan yang akan kita capai
  5. Pasrah, Kepasrahan buat saya adalah pemaknaan bahwa kita hanya bergantung pada Sang Maha Pencipta tanpanya mustahil kita bisa mewujudkan semua keinginan, jadi menghilangkan dan mengembalikan semua ide, semua yang kita dapat adalah bentuk kerja Tuhan untuk hamba-hambanya yang paham secara emosi dan spiritual bahwa Tuhan itu ada.

    Segitu ajah dari ane kalau ada yang mau nambahin or yang ga setuju bisa protes n berbagi di ruang komen.....

0 komentar: